Media Berbagi Pakai Data & Informasi ASN

Bagikan laman ini...
Email this to someone
email
Print this page
Print
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Open Directory on sites.google.com

Pertanyaan

Hai ASNation, saya ingin bertanya sesuatu tapi sebelum itu, saya ingin berkonsultasi. Saat ini saya sedang mencoba untuk membuat sebuah media berbagi pakai data & informasi yang berkaitan dengan ASN. Konsep dasarnya yaitu sebuah situs yang menampung & menyediakan tautan file dokumen, multimedia, dsb. Yang sifatnya non-rahasia & cukup penting untuk dibagikan namun sulit ditelusuri di internet.

Saya juga mencoba untuk konsultasikan terlebih dahulu agar dapat di-review oleh beberapa pihak, termasuk oleh tim digIT.

Untuk itu, kiranya berkenan untuk me-review melalui tautan berikut: https://sites.google.com/*** serta mohon arahan & masukannya.

Adapun pertanyaannya, adakah komunitas ASN di bidang TI sebagai wadah utk berdiskusi & berkonsultasi?

Demikian kiranya. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Jawaban

Hai, Kak. Patut diacungi jempol upaya Kakak untuk menginisiasi Open Directory untuk membantu rekan-rekan ASN di Indonesia. Kami sudah mengunjungi “Open Directory” dan mencoba mencatat beberapa hal berikut:

1. Kecepatan akses terasa normal, hal ini menjadi salah satu kelebihan sites google karena memang menggunakan server-nya Google.

2. Diferensiasi yang Kakak coba usung yaitu menyediakan file yang sulit ditelusuri di internet sudah cukup baik. Kami lihat pengunjung juga bisa mengunggah dokumen dan menambahkan informasi. Hanya saja agak rawan kalau nanti adanya pengunjung nakal yang justru mengunggah malware/virus dan sejenisnya. Harus siap-siap dihujat netizen maha benar 🙂

3. Tampilan awal yang kami dapati mohon maaf terlalu flat. Selain lewat desktop, kami juga mencoba mengakses lewat handphone dan tampilan tabel agak menyulitkan bagi pengguna yang mengakses lewat handphone apalagi nanti kalau datanya semakin banyak. Memang di sites google kustomisasi-nya masih miskin sekali, tapi Kakak bisa menemukan tutorial bagaimana menjadikan sites google menarik. Pada laman awal Kakak sebaiknya tidak langsung menyajikan file dalam directory, tetapi menyajikannya dalam bentuk landing page dan kategori.

4. Sangat mungkin file yang ditampung nanti akan sangat besar dan banyak. Harus dipikirkan agar pengunjung bisa mendapatkan informasi yang cukup atas masing-masing file yang disediakan sebelum mereka mengunduh file. Ceritanya kita sebagai pengunjung bisa ngintip dulu file-file yang ada. Selain itu, harus mulai dipikirkan bagamaina ketika nanti Google Drive Penuh, kami pernah membahasnya di sini.

Begitu jawaban dari kami, Kak! Mudah-mudahan dapat sedikit memberikan pencerahan.

Jika ada pertanyaan/masalah terkait teknologi, informasi, digital, silakan tuliskan pertanyaan di laman ini: asnation.id/digit/

Bagikan laman ini...
Email this to someone
email
Print this page
Print
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

Kontak

ASNation Indonesia

humas@asnation.id

Media sosial
Ikuti media sosial kami untuk mendapatkan informasi terkini tentang ASN